Selasa, 23 Januari 2024

Diskusi Kesulitan-kesulitan yang Menimpa Disabilitas, Nurul Saadah Berharap Perempuan Disabilitas Memahami Value Diri

 

sumber: tim dbm

          Difabel Blora Mustika (DBM) adakan kegiatan 
Pelatihan Penguatan Advokasi Korban Kekerasan pada Perempuan Disabilitas hari kedua. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan lima perempuan disabilitas masing-masing kecamatan dampingan. Acara ini bertempat di Hotel Mustika dengan dihadiri juga oleh satu project leader, satu finance officer, tiga project officer dan tiga support staff, Minggu (24/9).

Dalam kegiatan yang dilakukan pada hari kedua, Nurul Saadah Andriani memberikan tugas untuk peserta berkaitan dengan hambatan yang dimiliki perempuan disabilitas sesuai dengan kedisabilitasan yang dimiliki.

“Memang banyak sekali situasi-situasi yang menimpa perempuan disabilitas. Itu karena apa? Kita itu sebagai penyandang disabilitas selalu dilingkupi oleh pandangan orang lain yang bisa jadi salah. Misal tidak boleh menikah, karena nanti akan merepotkan. Ada juga yang takut jika nanti menurun ke anak. Kita itu dilahirkan dengan akal, kita pasti bisa mengatasi situasi yang kita jalankan. Seakan sejak kecil kita sudah dicekoki bahwa kita beda, tidak bisa,” terangnya.

Selain itu, peserta juga diberi tugas untuk menggambar tubuh perempuan beserta identifikasi nama organ. “Kenapa kita diminta menggambar, agar kita lebih mengenali dan cukup percaya diri bahwa kita tidak beda dengan yang lain. Jadi, tidak ada satupun yang boleh menghina kita, karena kita sudah diciptakan sebagaimana adanya. Kita punya nilai, pikiran, rahim, vagina, tidak ada yang boleh melakukan pemaksaan, kekerasan. Kita boleh menyampaikan suara kita, isyarat kita karena kita memiliki hak yang sama,” kata Nurul.

Barokhatin, selaku panitia menyampaikan bahwa DBM berharap  kegiatan ini akan memberi dampak positif untuk kelompok dampingan. “Jadi, sebagai perempuan disabilitas mereka sudah terbekali pengetahuan serta jika ada kasus yang menimpa tetangga atau orang di sekitar bisa turut berkontribusi,” tanyanya.

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Inilah Sofi Nurlaila Hanum, Disabilitas Peraih Penghargaan Gender Champion Blora 2021

  Sofi Nurlaila Hanum (memakai kursi roda) peraih penghargaan sebagai salah satu Gender Champion 2021 Kabupaten Blora, Rabu (9/3/2022) BLORA...