Selasa, 23 Januari 2024

Audiensi ke POLRES, DBM Tanyakan Syarat SIM D untuk Disabilitas

 

sumber: tim dbm

Blora, Difabel News – Hari ini DBM mengadakan audiensi dengan POLRES Blora berkaitan hak-hak disabilitas. Sriyono selaku perwakilan DBM menyampaikan bahwa di antara pembahasan kegiatan ini adalah berkaitan dengan aksesibilitas, MoU kerjasama, SIM D disabilitas.

Kegiatan Audiensi ini berada di ruang pertemuan POLRES Blora dengan dihadiri langsung oleh AKBP Agus Puryadi, selaku KAPOLRES Blora, Kompol Riwayat Sosiyanto selaku WAKAPOLRES Blora, AKP Lilik Widyastuti sebagai Kepala Satuan Bimbingan Masyarakat.

Sriyono menyampaikan bahwa saat ini sedang melakukan pendampingan perempuan disabilitas di enam kecamatan. Sebelumnya DBM pernah melakukan kegiatan Sarasehan terkait advokasi korban kekerasan perempuan disabilitas. Kegiatan audiensi ini kemudian juga akan membahas MoU sebagai tindak lanjutnya. Kemudian berkaitan dengan SIM D untuk disabilitas yang hanya beberapa yang sudah terakomodir juga berkaitan dengan aksesibilitas fisik dan non fisik.

Terkait MoU tindak lanjut dari pelatihan, AKBP Agus Puryadi menginginkan adanya keterlibatan teman-teman disabilitas jika ada kasus. “Sebaiknya langsung saja jika mengetahui ada kasus untuk segera dilaporkan. Itu justru tindak nyata dari keterlibatan teman-teman disabilitas,” terangnya.

Beliau juga menghimbau terkait kasus-kasus yang saat ini ramai di Kabupaten Blora. “Di Blora sedang banyak sekali kasus penipuan, misal pembelian mobil. Kemudian yang lagi tren juga orang kesetrum jebakan tikus, di Kedung Tuban dan Menden.  Kebakaran dan kasus bunuh diri juga, nanti akan saya kumpulkan Bhabinkamtibmas untuk memberi edukasi kepada masyarakat,” katanya.

    “Berkaitan dengan SIM D untuk disabilitas kita dorong untuk teman-teman bisa memiliki dan bisa mendukung dengan syarat-syarat yang sudah ada. Namun, memang untuk persyaratan berkembang kalau motor dengan roda tiga kita perbolehkan, kalau roda dua itu membahayakan bukan hanya diri sendiri namun juga orang lain. Untuk pengguna mobil, kami belum bisa memastikan dan mohon diberi waktu,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Inilah Sofi Nurlaila Hanum, Disabilitas Peraih Penghargaan Gender Champion Blora 2021

  Sofi Nurlaila Hanum (memakai kursi roda) peraih penghargaan sebagai salah satu Gender Champion 2021 Kabupaten Blora, Rabu (9/3/2022) BLORA...